Menu

Visi & Misi

VISI

 

Kerusakan lingkungan yang terjadi di berbagai belahan dunia dipercaya membawa dampak global yang dirasakan oleh semua pihak seperti pemanasan global dan terjadinya berbagai bencana sebagai akibat rentetan kurangnya pengelolaan lingkungan secara tepat.

Isu-isu seperti ini menuntut keberpihakan akan kondisi yang lebih baik sehingga dapat mengurangi kerugian yang mungkin terjadi. Kabupaten Tabalong memiliki potensi lingkungan alam yang cukup besar disamping secara bersamaan memiliki potensi bencana yang tidak kecil. Dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang serta mempertimbangkan isu yang ada di Kabupaten Tabalong.

Dengan menyadari keberadaan segala potensi yang dimiliki, maka Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong dirumuskan sebagai berikut

“MENUJU KABUPATEN TABALONG YANG AGAMIS, SEJAHTERA DAN MANDIRI”.

 

MISI

 

Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan visi. Misi juga akan memberi arah serta batasan proses pencapaian tujuan. Untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Tabalong, maka akan ditempuh melalui misi sebagai berikut:

  1. Mewujudkan Kabupaten Tabalong yang agamis;
  2. Mewujudkan Kabupaten Tabalong yang sejahtera melalui peningkatan pendidikan dan derajat kesehatan serta peningkatan kegiatan ekonomi rakyat dan pendapatan masyarakat;
  3. Mewujudkan Kabupaten Tabalong yang mandiri melalui peningkatan kemampuan pemerintah dan masyarakat serta dunia usaha untuk melaksanakan pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

 

Untuk menunjang Misi Pertama, Misi Kedua dan Misi Ketiga perlu adanya kestabilan keamanan di mana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tabalong melaksanankan pengendalian dibidang kebencanaan yang dikelola di Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Korban Bencana Alam yang didalamnya mengandung kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

  1. Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam.
  2. Pengadaan Sarana dan Prasarana Evakuasi Penduduk dari Ancaman/Korban Bencana Alam.
  3. Pengadaan Logistik dan Obat-obatan Bagi Penduduk di Tempat Penampungan Sementara.
  4. Fasilitasi pengendalian zoonosis dan pengendalian percepatan zoonosis.
  5. Pendataan dan koordinasi dampak bencana.
  6. Tanggap darurat.
  7. Pendidikan dan Pelatihan Pertolongan dan Pencegahan Bencana Alam.
  8. Pengadaan Sarana dan Prasarana Pencegahan Bencana Alam.
  9. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pencegahan Bencana Alam.
  10. Pencegahan dan Pengendalian Bencana Alam.
  11. Peningkatan Pelayanan Penanggulangan Bencana Alam.
  12. Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan.

KEPALA BPBD TABALONG

KEPALA PELAKSANA BPBD TABALONG

Link